Sabtu, 17 Maret 2018

Perbedaan Bahasa C, C++ dan C#


C (dibaca: si) adalah salah satu bahasa pemrograman komputer. C dikembangkan oleh Dennis Ritchie pada tahun 1969-1973 di Bell Labs, yang digunakan untuk implementasi pada sistem operasi UNIX. Sejak saat itu menjadi salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan sepanjang masa, dengan kompiler C dari berbagai vendor yang tersedia untuk sebagian besar arsitektur komputer dan sistem operasi yang ada. C telah distandarisasi oleh American National Standards Institute (ANSI) sejak tahun 1989 dan selanjutnya oleh International Organization for Standardization (ISO).  Banyak bahasa pemrograman lain meminjam syntax dari C.

Contoh program sederhana dengan menggunakan bahasa C.
#include <stdio.h>

int main()
{
    printf("Hello, World!\n");
    return 0;
}

C++ (dibaca: si plusplus) adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh Bjarne Stroustrup, yang merupakan perkembangan dari bahasa C. Berbeda dengan pendahulunya, C++ merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dengan menambahkan fitur berorientasi objek ke dalamnya. C++ sangat serbaguna dan bisa digunakan untuk berbagai aplikasi. Bahasa C ++ juga merupakan standar ANSI resmi. Bahasa C ++ digunakan secara luas untuk aplikasi yang sangat bergantung pada antarmuka pengguna grafis, atau GUI. Misalnya, banyak program utilitas dan driver perangkat ditulis dalam bahasa C, sedangkan perangkat lunak aplikasi dengan banyak dialog pengguna ditulis di C ++. Nama bahasa C ++ mewakili evolusi bahasa bahasa C karena dua simbol plus mewakili operator kenaikan dalam bahasa C.

Contoh program sederhana dengan menggunakan bahasa C++.
#include <iostream>

using namespace std;
int main()
{
    cout << "Hello World" << endl;
    return 0;
}

C# (dibaca: si sharp) atau biasa juga disebut C#(.Net)  adalah bahasa pemrograman yang dirancang oleh Microsoft. Ini menggabungkan fungsionalitas bahasa C dan bahasa C ++ dengan Visual Basic. C# digunakan pada banyak sistem operasi, tidak hanya Windows. C# adalah salah satu bahasa yang digunakan dalam kerangka Microsoft.NET. Sementara bahasa C ++ mendukung pemrograman berorientasi obyek dan pemrograman prosedural, bahasa C# secara ketat merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek. Nama bahasa C# terinspirasi oleh notasi musik dimana tajam menunjukkan bahwa nada harus dibuat semitone lebih tinggi di pitch. Simbol yang tajam juga menyerupai kombinasi empat simbol plus untuk menunjukkan bahwa bahasa tersebut merupakan peningkatan bahasa C ++.

Contoh program sederhana dengan menggunakan bahasa C#.
using System;
namespace HelloWorldApplication
{
   class HelloWorld
   {
      static void Main(string[] args)
      {
         /* my first program in C# */
         Console.WriteLine("Hello World");
         Console.ReadKey();
      }
   }
}

Sedangkan dari segi penggunaan sebagai berikut.
  1. C sebagian besar digunakan dalam pemrograman tingkat rendah dimana kecepatan sangat penting untuk itu. Contohnya adalah Pengembangan Modul Kernel Linux/Pengembangan Driver Perangkat Lunak, Pemrograman Micro-controller juga disebut sebagai Embedded C, Pengembangan alat Jaringan.
  2. C ++ Ini digunakan secara lebih umum di mana Anda memerlukan kecepatan yang baik bersama dengan fitur dan library lanjutan. Contohnya adalah Game Development dengan Unreal Engine, Computer Vision Algorithms dimana opencv sangat digunakan.
  3. C # digunakan ketika pengguna membutuhkan kenyamanan daripada kecepatan. Seperti Pengembangan game dengan Unity, Windows desktop application Development dengan Win Forms atau Windows Presentation Framework di mana kamu dapat dengan mudah mengembangkan aplikasi dalam 5 menit. Ini juga digunakan di ASP.Net untuk pengembangan web dan sangat mudah untuk program serta banyak kelas built-in ada untuk membantumu.

Advertiser