Kamis, 19 April 2018

Jenis-jenis Arduino


Seperti kita ketahui bahwa Arduino mengacu pada platform atau board elektronik open-source dan software yang digunakan untuk memprogramnya. Arduino dirancang untuk membuat elektronik lebih mudah diakses oleh artist, designer, Hobbyst, dan siapapun yang tertarik untuk menciptakan objek atau lingkungan interaktif.

Saat ini Arduino memiliki banyak jenis berdasarkan bentuk dan penggunaannya. Nah, sebelum memulai menggunakan arduino sebaiknya kita mengenal lebih dahulu jenis-jenisnya. Secara garis besar, Arduino terdiri dari tujuh jenis diantaranya:

1. Arduino USB
Arduino USB, yaitu mikrokontroler Arduino dengan menggunakan USB sebagai antar muka pemrograman atau komunikasi komputer.

2. Arduino Serial
Arduino Serial, yaitu jenis mikrokontroler arduino yang menggunakan RS232 sebagai antar muka pemrograman atau komunikasi computer. Contoh: Arduino Serial dan Arduino Serial v2.0

3. Arduino Mega
Arduino Mega, yaitu Papan Arduino mirip dengan arduino uno dengan spesifikasi yang lebih tinggi, dilengkapi tambahan pin digital, pin analog, port serial dan sebagainya. Contoh : Arduino Mega & Arduino Mega 2560

4. Arduino Fio
Arduino Fio, yaitu Mikrokontroler Arduino yang ditujukan untuk penggunaan nirkabel. Arduino Fio ini menggunakan ATmega328P sebagai basis kontrolernya.

5. Arduino Lilypad
Arduino Lilypad, yaitu Mikrokontroler dengan bentuk yang melingkar. Contoh: LilyPad Arduino 00, LilyPad Arduino 01, LilyPad Arduino 02, LilyPad Arduino 03, LilyPad Arduino 04

6. Arduino BT
Arduino BT, Mikrokontroler Arduino yang mengandung modul Bluetooth untuk komunikasi nirkabel.

7. Arduino Nano
Arduino Nano dan Arduino Mini, merupakan jenis arduino berbentuk kompak dan digunakan bersama breadboard. Contoh: Arduino Nano 3.0, Arduino Nano 2.x, Arduino Mini 04, Arduino Mini 03, Arduino Stamp 02.

Advertiser